Kamis, 19 Maret 2009

Blog Matematika part 2

Sebenarnya sudah agak lama saya ingin melanjutkan postingan tentang seputar blog matematika, ini merupakan lanjutan dari postingan tentang blog matematika sebelumnya. Ok sekedar flashback kalau di dunia maya ternyata para peminat matematika telah menunjukkan eksistensinya, ini terlihat dari antusias dari para blogger yang secara konsisten bicara tentang matematika. Sebut saja misalnya Al-Jupri dengan Bicara Matematika, Nursatria dengan PROOF{}, Hendry dengan Everything about math nya, atau Istiyanto dengan pembelajaran matematika dan komputernya, de el el. Dan ternyata sekarang ini antusias para blogger matematika tersebut ternyata telah menular kepada para pecinta matematika yang lainnya. Nah siapa saja yang kemudian juga ikut tergabung dalam dunia blogosphere ini untuk berperan aktif me "matematika " kan dunia maya.
Sebenarnya ada banyak blog yang ikut serta dalam pengembangan matematika di dunia maya, selain aktif ternyata keberagaman isi dari setiap blog maupun website menjadikan matematika semakin menarik untuk diintip lebih dalam. Apa saja aktifitas yang telah dilakukan oleh para blogger matematika ini, yuk kita telusuri lebih dalam lagi.
1. Hal pertama yang menarik adalah kehadiran blog atau website yang bisa membantu kita melakukan berbagai macam perhitungan. Sebut saja misalnya kita dapat melakukan perhitungan mengenai perhitungan statistik sederhana, regresi linier ( cocok banget buat yang sedang bikin skripsi ), perhitungan simulasi monte carlo, mencari luas dan keliling bangun datar, persamaan kuadrat, wah masih banyak lagi deh pokonya. Intinya website ini memberikan kemudahan bagi kita untuk melakukan perhitungan dengan menginput data yang kita inginkan, dan dalam waktu yang singkat hasilnya bisa kita dapatkan.
2. Beberapa blog menyediakan kumpulan latihan soal lebih banyak dari blog ini.
3. Beberapa blog juga dituliskan dalam bahasa inggris
4. Nah ini yang sayang kalau dilewatkan, beberapa blog bahkan memebrikan media pembelajaran ada yang berupa animasi flash, power point, Excel, Etc.
5. Menariknya juga ternyata beberapa dari para blogger itu memiliki lebih dari satu blog, meskipun sebenarnya terkadang hanya satu blog utama yang dikembangkan.
Gimana tertarik dengan semua blog yang ada di atas, berikut ini adalah daftar dari blog - blog diatas ( semua blog yang ada di dalam daftar hanya blog yang telah meninggalkan jejaknya di blog ini lewat shoutbox maupun komentarnya di postingan blog ), semoga bisa membantu anda semua.
1. Aktis
2. Eksakta plus
3. Matematika Club
4. Erna Mayasari
5. Rohedi
6. Trevor
7. More delicious
8. Mediapemb
9. Asadur Rofiq
10. Ernistyk
11. Rasyid14
12. Rumah Matematika
13. Mathsony
14. Matematika Dasar
15. Guru Tisna
16. sma1 matematika
17. Syukri Lukman
18. Matematika Itah
19. Matematika Islami
20. Cinta adalah Matematika
21. Acu Suntana
22. Matematika Kendal

2 komentar:

hendry_dext mengatakan...

Hebat.. Menigkatnya blog matematika bisa berarti meningkatnya penggunaan teknologi ataupun meningkatnya kecintaan matematika.. ^^..

Semoga dengan semakin bertambahnya blog matematika membuat pendidikan Matematika di Indonesia semakin maju.. *berharap*

Lagian, blogging kan jelas lebih berguna ketimbang maen dota.. Huehue.. ^^

Rohedi mengatakan...

Hi.., ini ada kabar terbaru dari ROHEDI LAboratory Surabaya.

Di link ini :

http://eqworld.ipmnet.ru/forum/viewtopic.php?f=3&t=148,

terposting Formula Eksak Terbaru buat nge-create Bilangan Pi (Pi Number).

Yah siapa tahu buat bekal ngeramaikan Perayaan Pi Day 3/14 tahun depan.


Salam...

AFA Rohedi.

Pengikut