Jumat, 06 Maret 2009

Ternyata soal Ujian Nasional mudah

Persamaan umum dari Fungsi kuadrat adalah .
Fungsi kuadrat akan berpotongan dengan sumbu y ( itu artinya x = 0 ) pada titik ( 0,c ), ini didapat jika kita melakukan substitusi nilai x = 0 pada persamaan fungsi kuadrat. Sebagai contoh fungsi kuadrat
akan berpotongan dengan sumbu y dititik ( 0,8 ).
Berikut ini adalah salah satu soal yang keluar di Ujian Nasional tahun 2008 dengan kode P12 untuk jurusan IPS.


Dari soal diketahui bahwa ternyata fungsi kuadrat tersebut memotong sumbu y dititik ( 0,4 ), sehingga dengan hanya melihat persamaannya saja kita bisa mengetahui bahwa jawaban yang mungkin hanya option D, mudah ya.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Ya gak mungkinlah soalnya begitu...
Kalo yang bikin soal begitu, berarti dia perlu belajar lagi cara membuat soal yang baik...

opan mengatakan...

Bagi orang yang sudah mengalaminya dan mendalaminya, semua soal juga terlihat mudah.

Anonim mengatakan...

kalo secara loGika sih mudah tapi kalo dipikir2 gak mungkin lah soalx semua begitu , pasti beda2 n kita jangan terpaku dg cara yang i2 krn belum tentu i2 cara cocok di gnkn pd soal laen .ok

ivan kolepz mengatakan...

boleh gpp tips di atas digunakan, tetapi memahami konsep itu jauh lebih penting. Meskipun bentuk soalnya berubah, kalau konsep dasarnya mengerti soal variasi apapun oke-oke saja.

yuddash mengatakan...

tolong jangan racuni generasi muda dengan konsep yang menyeesatkan seeandainya anda itu pendidik ajarkan konsep yang telah terbukti kebenaranya. bangsa yang lemah adalah bangsa yang selalu berkonsep instan.

Matematika SMA mengatakan...

@ all ( terima kasih komennya )
Sebenarnya postingan ini cuma ingin ngasih tahu siswa bahwa soal Ujian Nasional tuh ngga sesulit yang dibayangkan. Karena memang pada soal Ujian Nasional tidak semua soal itu masuk dalam kategori yang sulit, ada beberapa soal memang dibuat dengan tingkat kesulitan relatif rendah dan ini harus bisa dimanfaatkan oleh siswa ( ngga kebayang kan kl semua soal sulit, berapa banyak siswa yang ngga lulus ). Pemahaman yang kuat akan sebuah materi justru akan membuat kita dengan mudah menjawab sebuah soal, contoh soal diatas kan sebenarnya juga dikerjakan dengan pemahaman bahwa anak mengerti setiap kurva yang memotong sumbu y koordinatnya pasti (0,y).

aditya mengatakan...

tukeran link yux...

Pengikut