Rabu, 24 September 2008

Katakan dengan " Diagram/Gambar "

Ada banyak cara yang bisa kita tempuh dalam menyelesaikan soal matematika, sekalipun tidak semua soal matematika bisa dikerjakan dengan banyak cara. Persamaan linier misalnya, bisa diselesaikan dengan beberapa cara, antara lain :
1. Cara eliminasi
2. Cara Substitusi
atau anda juga bisa menggunakan persamaan matriks dan mencari nilai pada persamaan linier dengan bantuan invers matriks.
Salah satu strategi yang bisa digunakan dalam meyelesaikan masalah dalam matematika adalah " menggambar suatu diagram ". Penggunaan strategi ini cukup penting, sebab " Diagram/Gambar bisa menggambarkan seribu kata - kata ". Ini bisa kita lihat misalnya ketika kita melihat gambar lucu yang tanpa dijelaskan oleh siapapun kita bisa tersenyum melihat gambar tersebut.
Nah strategi dengan menggambar diagram ini saya harap bisa anda manfaatkan untuk menjawab soal - soal berikut :
1. Amir, Budi, Cici, Dodi dan Erna mengikuti pemillihan walikota. Amir mandapat suara 2000 lebih banyak dari Budi dan 4000 kurang dari Cici. Erna menerima 2000 suara kurang dari Dodi dan 5000 suara lebih banyak daripada Budi. Tentukan siapa yang terpilih sebagai Walikota pada pemilihan tersebut ?
2. Dapatkah kita memotong Pizza dalam bentuk lingkaran dengan empat potongan menjadi 11 potong ( tak perlu sama besar ).

3 komentar:

indra mengatakan...

Kayaknya yang terpilih menjadi walikota si Dodi ya?

hendry_dext mengatakan...

Setelah menggunakan gambar diagram garis, maka hasilnya Budi < Amir < Erna < Cici < Dodi. Jadi, yang terpilih Dodi, dengan selisih 7000 suara dari Budi.

Untuk soal nomor 2 jawabannya bisa. 11 (2+2+3+4) daerah pizza dapat terbentuk apabila kita memotong pizza 4 potongan di mana setiap garis potongan itu harus berpotongan dengan 3 garis lainnya dan perpotongannya itu tidak boleh dilalui lebih dari 2 garis.

Jadi, Ada (1+2+3) = 6 titik potong, yang terbentuk sewaktu kita memotong pizza.

Q.E.D.

Matematika SMA mengatakan...

@Indra
Yup
@ Hendry
Terima kasih jawaban + penjelasannya

Pengikut