Sabtu, 10 Mei 2008

Keakuratan kisi-kisi UN 2008

Ujian Nasional SMA sudah berakhir, semoga saja kesulitan yang dialami waktu mengeerjakan soal sedikit terbantu oleh kisi - kisi UN 2008 yang telah saya buat. Memang tidak seakurat yang diinginkan tetapi paling tidak bisa sedikit membantu untuk mengurangi kegagalan waktu mengerjakan soal Ujian Nasional kemarin. Setelah saya amati soal Ujian Nasional 2008 ini ternyata mengalami perubahan yang cukup signifikan, terbukti hampir semua kisi - kisi materi yang saya buat beberapa tidak tepat sasaran. Berikut ini adalah perbandingan kisi-kisi UN 2008 dengan soal UN yang sebenarnya :
1. Pokok Bahasan

Kalau untuk pokok bahasan memang tidak ada yang tidak keluar di UN kemarin ( pada 3 tahun terakhir beberapa pokok bahasan ada yang timbul dan tenggelam ), Jadi untuk kategori ini kisi-kisi yang ada mungkin tepat 100%.

2. Jumlah kisi-kisi materi

Dari semua soal yang ada, kurang lebih ada 26 kisi-kisi yang tepat dengan soal Ujian Nasional yang keluar. Prosentasenya ketepatannya adalah 65%.

3. Jumlah soal dibandingkan dengan kisi - kisi Materi

Ada kurang lebih 29 soal yang sesuai dengan kisi-kisi materi yang saya buat. Kalau dibandingkan dengan jumlah soal Ujian Nasional yang 40 maka prosentasenya adalah 72,5%

Kalau dirata-ratakan maka prosentase keakuratannya adalah : 79,2%, mungkin masih jauh dari yang diharapkan, akan tetapi sebenarnya tidak akuratnya dengan soal Ujian Nasional yang keluar tidak begitu jauh. Misalnya pada transformasi saya memperkirakan yang bakal keluar adalah transformasi komposisi fungsi, ternyata yang satu soal memang tepat komposisi transformasi tetapi soal yang kedua transformasinya ternyata transformasi tunggal ( ini sebenarnya jauh lebih mudah dari yang komposisi transformasi ).

Semoga saja tahun depan kisi-kisi yang dibuat tingkat keakuratannya lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Pengikut