Selasa, 13 Mei 2008

Soal Ujian Nasional Matematika 2008

Banyak perubahan yang terjadi pada komposisi pokok bahasan yang muncul pada soal Ujian Nasional Matematika tahun 2008, ini pula yang menyebabkan kisi - kisi UN 2008 yang saya buat agak kurang tepat sasaran. Beberapa pokok bahasan yang selama ini konsisten setiap tahunnya hanya keluar satu soal, tiba - tiba tahun ini berubah menjadi 2 soal. Beberapa pokok bahasan yang menjadi 2 soal antara lain :
1. Logika Matematika
2. Persamaan Linier
3. Transformasi
4. Matriks
5. Program Linier
6. Suku Banyak
7. Fungsi dan Fungsi Invers
Sebaliknya Beberapa pokok bahasan yang semestinya atau biasanya kelua 2 atau 3 soal menjadi hanya 1 soal, Seperti pada pokok bahasan Limit dan Persamaan dan Fungsi Kuadrat.

Untuk tahun 2008 ini komposisinya memang banyak " aneh " nya, seperti pada materi turunan. Turunan berantai biasanya adalah soal yang bisa dipastikan bakal keluar ternyata soal yang keluar hanya tentang turunan fungsi perkalian/pembagian. Atau pada materi limit yang biasanya limit trigonometri selalu hadir maka sekarang tidak kelihatan sama sekali.
Menurut perkiraan saya, perubahan ini terjadi karena adanya penambahan jumlah mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional. Karena harus ditambah dengan 3 mata pelajaran yang lain, sehingga materi yang kelihatannya " agak berat " tidak diturunkan tahun ini, tetapi tidak tahu dengan yang akan datang.
Bagaimana menurut Anda !

Note : Untuk mendownload soal Ujian Nasional Matematika IPA 2008 anda dapat klik disini

Tidak ada komentar:

Pengikut