Senin, 10 Maret 2008

SURAT TERBUKA

Yth,
Mentri Pendidikan Republik Mimpi
Di Alam maya

Bapak Mentri yth, Puspenpen ( Pusat Penilaian Pendidikan di Republik mimpi ) pada bulan Januari 2008 mengeluarkan panduan materi untuk ujian nasional semua pelajaran yang diujikan. Hal yang paling mengusik buat saya pada panduan tersebut adalah keterangan yang ada pada gambaran umum.
Berikut petikannya " Pada ujian nasional tahun pelajaran 2007/2008, bentuk tes matematika tingkat SMA/MA berupa tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda, sebanyak 40 soal dengan alokasi waktu 120 menit ”
Sebenarnya setelah membaca panduan tersebut saya mencoba menghubungi puspenpen via email ( sampai hari ini belum dibalas, mungkin karena pertanyaan dan orang yang bertanyanya tidak penting ) menanyakan perihal jumlah soal ujian nasional, pertanyaan yang saya ajukan adalah :
” Apa yang menyebabkan perubahan jumlah soal menjadi 40 , kok tidak konsisten dengan jumlah soal yang berjumlah 30 pada 3 tahun terakhir ? ”.
Bapak mentri yth, sebenarnya sebagai pengajar saya sangat keberatan dengan jumlah soal yang berjumlah 40, pertimbangan saya adalah sebagai berikut :
1. Tahun ini ujian nasioal ditambah 3 mata pelajaran pada masing – masing jurusan, tambahan ini pastinya sudah memberatkan siswa apalagi kalau soal matematikanya ditambah.
2. Soal yang berjumlah 30 menurut saya lebih membuat anak lebih ” nyaman ” dalam mengerjakannya, sebab alokasi untuk mengerjakan soalnya 4 menit untuk tiap soal, bandingkan yang 30 soal, siswa hanya punya waktu 3 menit.
3. Kalau pun terpaksa harus berubah menjadi 40 soal menurut saya lebih baik jika itu dilakukan tahun depan dengan penambahan soal secara bertahap ( 5 soal tiap tahunnya )
4. Kalaupun tetap dengan jumlah soal yang 40 ( karena soalnya mungkin sudah jadi ), saya berharap ada kelonggaran pada waktu mengerjakannya ( ada tambahan waktu )
Demikian perihal yang ingin saya sampaikan ( saya percaya ini juga mewakili suara siswa SMA ), semoga menjadi perhatian bapak mentri.
TTD
matematika-sma.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Pengikut

Powered By Blogger