Selasa, 29 Mei 2007

Soal Logika Matematika

Berikut ini adalah soal – soal logika matematika yang saya ambil dari soal Ujian Nasional tahun 2000 s.d. 2007

Jika anda butuh soal berikut dalam bentuk Microsoft Word anda dapat menghubungi email saya : matematika3sma@gmail.com

Materi pokok : Invers, Konvers, Kontraposisi

1.Kontraposisi dari pernyataan majemuk p → ( p V ~q ) adalah ….

  1. ( p V ~q ) → ~p
  2. (~p Λ q ) → ~p
  3. ( p V ~q ) → p
  4. (~p V q ) → ~p
  5. ( p Λ ~q ) → ~p

Soal Ujian Nasional tahun 2001

2. Invers dari pernyataan p → ( p Λ q )

a.(~p Λ ~q ) → ~p

b. ~p V ~q ) → ~p

c. ~p → (~p Λ ~q )

d. ~p → (~p Λ q )

e. ~p → (~p V ~q )

Soal Ujian Nasional tahun 2005

Materi pokok : Penarikan Kesimpulan

3. Diketahui pernyataan :

I.Jika hari panas, maka Ani memakai topi

II.Ani tidak memakai topi atau ia memakai payung

III. Ani tidak memakai payung

Kesimpulan yang sah adalah ….

a. Hari panas

b. Hari tidak panas

c. Ani memakai topi

d. Hari panas dan Ani memakai topi

e. Hari tidak panas dan Ani memakai topi

Soal Ujian Nasional tahun 2007

4. Penarikan kesimpulan yang sah dari argumentasi berikut :

Jika Siti sakit maka dia pergi ke dokter

Jika Siti pergi ke dokter maka dia diberi obat.

adalah ….

a. Siti tidak sakit atau diberi obat

b. Siti sakit atau diberi obat

c. Siti tidak sakit atau tidak diberi obat

d. Siti sakit dan diberi obat

e. Siti tidak sakit dan tidak diberi obat

Soal Ujian Nasional tahun 2006 kurikulum 2004

5. Diketahui premis berikut :

I. Jika Budi rajin belajar maka ia menjadi pandai.

II. Jika Budi menjadi pandai maka ia lulus ujian.

III. Budi tidak lulus ujian.

Kesimpulan yang sah adalah ….

a. Budi menjadi pandai

b. Budi rajin belajar

c. Budi lulus ujian

d. Budi tidak pandai

e. Budi tidak rajin belajar

Soal Ujian Nasional tahun 2005 kurikulum 2004

6. Diketahui argumentasi :

I. p → q

~p

----------

\ ~q

II. p → q

~q V r

----------

\ p → r

III. p → q

p → r

----------

\ q → r

Argumentasi yang sah adalah ….

a. I saja

b. II saja

c. III saja

d. I dan II saja

e. II dan III saja

Soal Ujian Nasional tahun 2005

7. Penarikan kesimpulan yang sah dari argumen tasi berikut :

~p → q

q → r

----------

\

a. p Λ r

b. ~p V r

c. p Λ ~r

d. ~p Λ r

e. p V r

Soal Ujian Nasional tahun 2004

8. Ditentukan premis – premis :

I. Jika Badu rajin bekerja maka ia disayang ibu.

II. Jika Badu disayang ibu maka ia disayang nenek

III. Badu tidak disayang nenek

Kesimulan yang sah dari ketiga premis diatas adalah ….

a. Badu rajin bekerja tetapi tidak disayang ibu

b. Badu rajin bekerja

c. Badu disayang ibu

d. Badu disayang nenek

e. Badu tidak rajin bekerja

Soal Ujian Nasional tahun 2003

9. Penarikan kesimpulan dengan menggunakan modus tolens didasarkan atas suatu pernyataan majemuk yang selalu berbentuk tautologi untuk setiap kasus. Pernyataan yang dimaksud adalah ….

a. (p → q ) Λ p q

b. ( p → q ) Λ q → ~p

c. ( p → q )Λ p → ( p Λ q )

d. ( p → q ) Λ ( q → r ) → ( p → r )

e. ( p → q ) Λ ( p → r ) → ~ ( q → r )

Soal Ujian Nasional tahun 2002

10. Kesimpulan dari premis berikut merupakan ….

p → ~q

q V r

----------

\ p → r

a. konvers

b. kontra posisi

c. modus ponens

d. modus tollens

e. silogisme

Soal Ujian Nasional tahun 2001

11. Menyusul

kunci jawaban dapat diklik disini

19 komentar:

Anonim mengatakan...

logika matematikanya kok susah2 banged seh......???
bikin dunkz yg lbh gampang dan mudah di pelajari


Tampilan Blognya payah banget sih..

kurang masa kini!

mudah-mudahan dgn kritik ini, bisa berubah yaw.........

Matematika SMA mengatakan...

Kalau usaha belajarnya lebih keras lagi, Insya Allah nanti juga bisa.
Untuk tampilannya, kira-kira bisa kasih saran untuk perubahannya seperti apa.

treNdy_riDer mengatakan...

tampiLan itu gaK jdi mslah !
yang penting isinya

tPi bLeh minT langkah2 penyeLesaian dari soAL2 diaTas yg LumayaN bnYak itu gak ?!

kLo bisa cRa penyeLesaiannya juga di Kasih taU ya.a........

Matematika SMA mengatakan...

Kalau pembahasan logika kayaknya harus sabar menunggu, sebab saat ini saya sedang menyelesaikan pembahasan lingkaran

Anonim mengatakan...

Selain materi di atas, apa ada materi logika lain dengan soal yang lebih rumit dan kompleks?

Syamsul Hadi mengatakan...

Saya juga sedang membuat blog tentang matematika. Mudah2n bisa saling membantu.

Alamatnya di: www.syamsulhadi.co.cc

Icarlosta mengatakan...

Gagda soal logika yag lebih menantang ta????

Anonim mengatakan...

halo.. nama saya imansyah jati,, ank dari ibu rinas..
mnurut saya,, soal logika ini trlalu mudah.. diibaratkan dgn,, "jentik sikil kiwo sing wes meh diamputasi!!
bosok!!
asui!!!!!! titenana kw tak pateni tnan!!

Anonim mengatakan...

jelasin dunk yg numb 9 ma 6,,
bingung neyyyyy,,,,,

ad soal yg lbh rumit g'

Anonim mengatakan...

nmr 9 gmn sing penjelasannya????

Anonim mengatakan...

no 9 salah di abcd na khan?
kan seharusna

b. ( p → q ) Λ ~q → ~p

JAMBESEWU mengatakan...

terimakasih atas kesediaan tuk berbagi..,.emg bikin puyeng,,,tpi sbnrya enak low dh bisa ya....

JAMBESEWU mengatakan...

terimakasih...sya udh membaca walupun cm sdkit

Anonim mengatakan...

wahh...
wa masih ga mudeng nie.!

beri penyelesaian / langkah - langkahnya jg donk.!

Education Tech. Kenpedia mengatakan...

THANK'S kawand.....
soal nya bgus....
jdi gg susah2 aku bwat di rmah....

add fb :
muhammadkennedy@ymail.com

adek_bahrikeren@ymail.com

omwahyoe mengatakan...

terus berkarya boss... semoga dari apa yang anda suguhkan ini memberi manfaat dan berkah, amin..
boleh tukeran link nih...

Anonim mengatakan...

soal soalnya bagus, ,,
tapi, lebih baik lagi jika ada pembahasannya ..

terima kasih banyak atas soal-soalnya..

semoga sukses :)

My Blog mengatakan...

tolong donk pembahasanya biar jd jelas gt. . !!!

Evikz Melia mengatakan...

minta penyelesainnya doong :D

Pengikut