Senin, 08 Oktober 2012

Jagoan Matematika

Terakhir kali saya mengajar siswa IPS adalah tahun 2007, tahun ini setelah 5 tahun berlalu saya kembali mengajar siswa IPS. Mengajar siswa IPS itu berbeda dengan siswa IPA, butuh kerja ekstra agar mereka bisa memahami materi yang diajarkan.

Terlebih materi yang pertama kali harus diajarkan adalah integral, jangankan siswa IPS untuk siswa IPA saja materi ini terbilang sulit apalagi siswa IPS. Tetapi disinilah tantangannya bagaimana agar materi yang susah tersebut mudah dicerna olah siswa IPS sekalipun.

Siswa IPS memang punya karakter yang berbeda dengan siswa IPA, baik secara akademis maupun secara bakat maupun potensi yang mereka miliki. Salah satu pandangan yang kerap kali ada pada siswa IPS adalah keraguan yang lekat pada diri mereka terhadap kelemahan kemampuan akademis mereka terutama di mata pelajaran matematika.

Sehingga sebelum mengajar di kelas IPS yang pertama kali harus dilakukan guru bukan mencari metode atau teknik mengajar seperti apa yang akan diterapkan untuk siswa IPS agar mereka dapat paham materi yang diajarkan, tetapi justru yang harus dilakukan pertama kali adalah menyadarkan semua pihak baik siswa maupun guru sendiri bahwa SISWA IPS JUGA MEMILIKI KEMAMPUAN YANG HEBAT SEPERTI SISWA IPA.

Butuh waktu sampai beberapa kali pertemuan bagi saya untuk memotivasi dan meyakinkan siswa IPS yang saya ajar bahwa mereka mampu untuk menguasai matematika sehebat siswa IPA. Beberapa siswa bahkan menunjukkan kemajuan yang luar biasa setelah saya meyakinkan mereka bahwa mereka tidak selemah yang mereka pikirkan selama ini.

Memang tidak semua siswa bisa langsung menunjukkan perubahan, sebab paradigma yang melekat pada siswa IPS (bahwa siswa IPS adalah siswa kelas kedua) sudah terlalu dalam merasuki pikiran mereka, sehingga sulit bagi mereka untuk keluar dari pardigma tersebut. Namun secara perlahan saya yakin jika secara terus - menerus saya memotivasi dan meyakinkan mereka bahwa MEREKA MAMPU dan mereka merespon untuk melakukan perubahan bukan hal yang mustahil bahwa siswa IPS nantinya akan mempunyai kemampuan matematika yang setara dengan siswa IPA.

Kalau anda adalah siswa IPS dan anda masih merasa bahwa matematika itu sulit sebaiknya anda harus mulai merubah paradigma tersebut, sebab siswa - siswa IPS yang saya ajarkan bahkan mampu menunjukkan kelasnya sebagai siswa yang mahir menguasai matematika. So, jika anda adalah siswa IPS dan anda mau merubah diri anda beriktu beberapa hal yang harus anda lakukan ;

1. Rubah paradigma berpikir anda, yakinkan diri anda bahwa ANDA BISA
2. Jika anda mulai menyadari bahwa anda juga BISA, mulailah untuk rajin berlatih dengan soal-soal yang lebih banyak lagi
3. Kesabaran menjadi kunci apakah nantinya anda menjadi siswa IPS yang sukses atau siswa IPS yang GAGAL.
4. Jangan pernah berhenti
Jika anda berhenti pada satu titik karena anda MERASA ANDA TIDAK BISA/TIDAK MAMPU berarti anda sudah gagal, teruslah mencoba sampai akhirnya anda bisa.
 

12 komentar:

mantan guru matematika mengatakan...

Saya sangat respek dengan tulisan di blog ini, penuh idealisme dan dedikasi yang tinggi. Namun pada kenyataannya UN hanya jadi ajang berbuat tidak terpuji "kecurangan berjamaah" ketika Ujian, saya juga menyadari ada Sekolah yang masih jujur tetapi sangat minim jumlahnya. Semoga ke depannya ada perubahan, mari dari diri kita.. salam pendidik

Tomi mengatakan...

Pelajaran matematika sesungguhnya menyenangkan ya...

Nasrullah Idris mengatakan...

Situs Pertama Katagori
"Matematika tanpa Huruf"

http://mathematics-without-alphabetic.blogspot.com

Salam,

Nasrullah Idris

ibnufajar75 mengatakan...

Nice post... cukup memberi inspirasi
terima kasih

salam...

lollynanana mengatakan...

thanks buat soalnya..
mudah2 ini memperlancar jalan ku ikut un tahun dpn... :)

kumpulan soal mengatakan...

postingnya sangat bagus sekali gan. terimakasi juga atas infonya.
follow balik gan yea.

agus antara mengatakan...

bagus sekali postingannya gan.
terimakasih juga atas infonya,
follow balik sya yea gan.

cermat mengatakan...

sangat inspiratif

Ricko mengatakan...

Blog yang mantap..memberi banyak referensi tentang Matematika...Makasih byk pak guru...

Buku Kurikulum mengatakan...

Bagi teman2 yang membutuhkan buku pelajaran kurikulum 2013 dapatkan di http://www.marketing-buku.com

soal matematika mengatakan...

Terima kasih sangat senang berkunjung ke website Anda
Sangat Bermanfaat. Salam Kenal
Soal Matematika SMA

Sabuk Bonceng mengatakan...

Terima kasih sangat senang berkunjung ke website Anda
Sangat Bermanfaat. Salam Kenal
Soal Matematika SMA

Pengikut