Kamis, 11 Juni 2009

Google Analytics

Google analytics adalah salah satu layanan yang diberikan oleh om google bagi para pemilik web atau blog untuk menganalisa karakter para pengunjung di sebuah web atau blog. Layanan gratis ini sebenarnya menyajikan laporan yang relatif lengkap ( sayang saya belum dapat lebih dalam untuk memanfaatkan keberadaan google analytic untuk blog ini ) diantaranya adalah keyword atau kata kunci yang digunakan oleh pengunjung, dari mana pengunjung berasal ( baik dari sisi lokasi maupun dari keberadaan search engine ), statistik pengunjung beserta pageviewnya, waktu yang dihabiskan seseorang untuk membaca web atau blog anda dan lain lain.
Nah kebetulan sejak november 2008 saya iseng ingin mengetahui blog ini untuk dianalisa karakter pengunjungnya, sebab ternyata tercatat sejak januari 2009 - april 2009 pengunjung blog ini telah menembus angka diatas 20 ribu orang setiap bulannya.
Nah berikut ini adalah beberapa hasil laporan google analytics tenang blog ini.
1. Asal pengunjung

Sebagian besar pengunjung blog ini ternyata berasal dari search engine sebesar 84,88% ( didominasi oleh om google ), disusul kemudian oleh referensi dari blog lain ( makasih ya buat semua yang sudah link blog ini ) sebesar 8,8% dan yang menarik ada 6,32% pengunjung yang datang dengan mengetikkan langsung alamat blog ini ( direct traffic ).
2. Keyword atau kata kunci
Wah kalau data yang satu ini penting banget, apalagi buat mereka yang sering nembak keyword.
Berikut ini adalah lima besar keyword atau kata kunci yang sering diketik oleh para pengunjung sampai pada kesasar ke blog ini :
- Matematika
- Matematika SMA
- Logika Matematika
- Soal Matematika SMA
- Soal Matematika
3. Asal Kota
Wah ternyata Jawa Barat menjadi propinsi yang mendatangkan pengunjung paling banyak untuk blog ini.
Sebenarnya masih banyak data yang bisa di manfaatkan dari google analytics tentang blog ini, tetapi mungkin ketiga hasil ini bisa mewakili rasa penasaran saya tentang karakter pengunjung blog ini. BTW, untuk semuanya terima kasih ya untuk meluangkan waktunya baca blog ini semoga kunjungan kalian semua bisa menjadi penyemangat buat saya untuk lebih banyak lagi berbagi dengan kalian semua.

4 komentar:

ipank mengatakan...

wah .. baru tau saya nih mas... makasih infonya

salam kenal dari ipank

media pembelajaran mengatakan...

Sama, sy jg br tw, btw sy pnya tutorial membuat media interakitf persamaan kuadrat, kunjungi blog sy di http://janggeng.blogspot.com/

http://cewekcuteseksi.blogspot.com/ mengatakan...

Oow....
Saya malah baru tahu...
Makasih ya informasinyua...

Unknown mengatakan...

Wah, boleh juga nih infonya.. Thanks ya..

Mau share info juga,
ada sarana untuk jual beli dan pasang iklan gratis.
Bisa buat toko online juga lagi..
Coba di visit deh..

Pengikut

Powered By Blogger