Senin, 20 April 2009

UNIVERSITAS INDONESIA-TIDAK DIPUNGUT BIAYA MAHAL-


Saya ingin menyampaikan kepada adik-adik saya di luar sana yang memiliki keinginan untuk menutut ilmu di universitas yang menyandang nama negeri ini. Melangkahlah! Jangan sampai masalah akademis ataupun finansial menjadi penghalang kalian, selama kalian punya keinginan yang kuat untuk terus melaju, tak ada yang akan menghalagi langkah kalian, Percayalah..,
Karena takdir akan menunjukkan sifatnya yang hakiki, bahwa ia akan memihak kepada orang-orang yang berani . Saya melihat adanya beberapa kesalahpahaman bagi mereka ynag mengundurkan niatnya untuk masuk UI,ataupun untuk bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, karena dulu saya juga hampir mengalami hal tersebut.

Pertama, masalah akademik, banyak orang yang mengundurkan diri karena mereka mengira bahwa diri mereka tidak cukup pintar. Sayapun dulu berfikiran seperti itu, dengan ratusan ribu pendaftar hanya beberapa ribu yang diterima, dan saya yakin pesertanya bukanlah orang-orang sembarangan.
Memang hal tersebut cukup membuat mental saya jatuh pada waktu itu. Namun sekarang saya paham bahwa sebenarnya untuk bisa lolos di perguruan tinggi negeri, sebenarnya tidak ada trik yang terlalu spesial ataupun menunggu dirimu yakin bahwa kau cukup pintar untuk bisa lolos, intinya adalah belajar dan berdo’a. saya masih ingat ketika itu saya baru membeli buku latihan soal satu bulan sebelum mengikuti test dan baru mengikuti bimbimngan belajar 2 minggu sebelum pelaksanaan test.
Apa yang saya alami membuat saya benar-benar merasakan bahwa keberhasilan bukan 100% karena akademik, melainkan karena pertolongan dan karunia yang Allah berikan kepada saya dengan kehadiran orang tua, sahabat, bahkan orang-orang yang belum pernah saya kenal sebelumnya yang tak henti-hentinya memberikan dukungan dan do’a tulus mereka. Memompa semangat saya untuk terus belajar. Hampir setiap malam saya memimpikan ketika akhirnya kaki saya bisa memasuki pelataran tempat berkumpulnya para cendikia negeri ini, para generasi penerus bangsa..
Harapan- Keinginan yang begitu kuat-Do’a , membuat saya akhirnya berekad bulat untuk melanjutkan perjuangan, dan perjuangan itu, perjuangan itu tidak hanya tok dengan belajar – ada berbagai faktor disana. Saat kalian menginginkan sesuatu- benar2 menginginkanya. Saya yakin kalian akan melakukan yang terbaik untuk dapat meraihnya.
Tolong jangan pikirkan proses “ caranya bagaimana?” nanti kalian akan berhenti dititik itu, pikirkan saja tujuan kalian.
Dan yakinlah adik-adikku, ketika kalian melakukan yang terbaik, Allahpun akan bekerja dengan ’tangan-tangan-Nya’, mengatur segala urusan kalian dengan sangat sempurna. Saya pernah mendengar sebuah hadits, bahwa ketika kita sudah berusaha dan berdo’a, Do’a dan takdir akan bertempur dilangit sana, lantas apakah kita akan menyerah begitu saja dan mendahului tadir?
Masalah kedua yang ingin saya sampaikan disini adalah masalah finansial,.
Saya paham bagaimana perasaan seorang yang telah berhasil menempuh sebuah perjuangan yang amat panjang, melihat nama mereka akhirnya terpampang di surat kabar,diantara ribuan nama lain, rasa haru dan bahagia karena satu lagi mimpi mereka dapat tercapai dan sayapun paham bagaimana perasaan hancur dan ketidak adilan yang menyesakkan dada,saat akhirnya mimpi itu harus direlakan begitu saja hanya karena keterbatasan finansial.
Adik-adikku, ada satu hal lagi yang ingin sampaikan bahwa tidak ada hubungannya antara menuntut ilmu dengan uang, jika kalian ingin menuntut ilmu yakinlah bahwa jalan itu pasti ada. Seperti halnya bayi yang terlahir kedunia ketika Allah sudah memberi kalian jalan dengan lolosnya kalian di UI itu berarti Allahpun sudah memberikan kalian jalan untuk meneruskan langkah-langkah kalian, tinggal bagaimana kalian berusaha mencari jalan itu.
Cukup banyak calon mahasiswa yang memutuskan untuk mengundurkan diri ketika mereka melihat jumlah yang harus mereka bayarkan agar dapat memperoleh hak mereka dalam meneruskan pendidikan. Pada saat akan registrasi ulang , memang di website UI tertulis bahwa biaya operasional pendidikan di UI adalah 7,5 juta untuk rumpun IPA dan 5 juta untuk rumpun IPS, serta uang pangkal yang berkisar antara 10 juta-25 juta.
Namun kenyataannya tidak seperti itu adik-adik, disitu tidak dituliskan bahwa kisarannya awalnya adalah 100 ribu - 5juta dan 100ribu-7,5 juta(persemester),dan untuk uang pangkal bisa mencapai 0 rupiah. Itu bukan beasiswa, bukan pula keringanan , namun SETIAP MAHASISWA MEMBAYAR SESUAI DENGAN HAKNYA.
to be continued..,
Saya tunggu teman-teman di Universitas Indonesia. Salam Perjuangan!!!


Contact Person:

KESMA FMIPA
(02194891667)

8 komentar:

fadhillah-voe mengatakan...

Doakan temanku,,

ia begitu ingin menjadi mahasiswa UI dan memakai Jakun...

ia gagal di SIMAK-UI..

tolong diakan ia agar berhasil di SNMPTN-nya nanti...

tolong dokan dan sambut ia...

ia orang yang tulus dan sholehah..

tujuannya masuk UI pun dengan niat yang sangat baik...

kabulkan Ya Robb...

----"Voe,bengkulu"-----

Dyna fitria mengatakan...

Allah Yang Mahakuasa, Maha Pengasih, dan Maha Penyayang, telah berfirman dalam al-Qur'an bahwa Dia dekat dengan manusia dan akan mengabulkan permohonan orang-orang yang berdoa kepada-Nya.


"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi-Ku, dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (Q.s. al-Baqarah: 186).

Anonim mengatakan...

saya salah satu dari orang-orang yang gagal masuk UI lewat jalur simak 1 maret lalu,,
hal itu membuat saya benar-benar takut untuk mencoba UI lagi sebagai pilihan universitas mana yang akan saya coba..

ninink mengatakan...

gimana caranya masuk UI..??
saya gagal di simak,,
huft....

.ninink.
SMA ISLAM AL_AZHAR 6 SERANG

dyna fitria mengatakan...

@Anonim :Tidak jarang kegagalan membuat kita trauma.bahkan banyak yang memutuskan untuk berhenti melangkah.Jujur, saya juga mengalaminya. Saya gagal pada saat PMDK IPB dan ujian masuk STAN.tetapi ketika saya memutuskan untuk tetap melaju, Saya justru merasakan selalu ada jalan di tengah jalan,dan mungkin kegagalan membawamu ketempat lain yang lebih TEPAT menurut pandanganNya.

Selama kamu tetap melangkah, kamu belum gagal.
"Bagian terberat agar sebuah roket mencapai orbit adalah saat
melalui gravitasi bumi untuk melewati atmosphere". Jadi, jangan menyerah karena adanya beban dan tekanan yang dirasakan,
sebab mungkin saja pencapaian dan kesuksesanmu tidak jauh lagi adanya.

Semangat ya adik2ku^_^/

dyna fitria mengatakan...

@ ninink:

Sekali lagi, jangan pikirkan caranya.just focus on your goal.ok

Edmund Suandi mengatakan...

saya INGIN SEKALI mewujudkan MIMPI saya yg sat ini HANYA bisa saya IMPIKKAN.. INGIN.INGIN.INGIN>

Edmund Suandi mengatakan...

saya seorangg pemimpi besar yg ingin menemukkan jalan membuka mimpinya ke dunia nyata..

Pengikut