Selasa, 25 November 2008

BIlangan Bersahabat

Mencari pertemanan atau persahabatan melalui social networking mungkin sudah menjadi rutinitas sebagian dari kita. Tentu saja kesempatan itu kita lakukan agar semakin banyak " pertemanan atau persahabaatan" yang kita dapat dari dunia maya. Friendster, Face Book, My Space atau yang lainnya merupakan beberapa contoh dari social networking yang digemari oleh para peselancar di dunia maya.

BTW, kalau manusia kemudian melakukan persahabatan atau pertemanan seperti yang terjadi dengan memanfaatkan social networking mungkin sudah biasa, tetapi bagaimana kalau bilangan yang melakukan persahabatn/pertemanan. Apakah dua buah " bilangan yang bersahabat" adalah dua bilangan yang sudah lama mengaktifkan akunnya di friendster dan lalu saling membalas testimoni yang ada pada akun mereka, tentu saja bukan.

Bilangan bersahabat adalah pasangan bilangan yang mempunyai sifat yang unik, yaitu dua bilangan yang masing-masingnya adalah jumlah dari pembagi sejati bilangan lainnya. Pencetus bilangan bersahabat ini adalah Thabit Ibnu Quro , Ia adalah salah satu Ilmuwan Muslim terpandang di zaman ke kuasaan Dinasti Abbasiyah yang dikenal sebagai ahli matematika pada abad 9 M.

salah satu contoh dari bilangan bersahabat adalah 220 dan 284. Nah untuk mengetahui kedua bilangan tersebut bersahabat mari kita tentukan terlebih dahulu faktor - faktor sejati dari kedua bilangan tersebut. Yang dimaksud denagn faktor sejati dari sebuah bilangan adalah faktor - faktor dari bilangan itu yang bukan bilangan itu sendiri. misalnya faktor sejati dari 8 adalah 1,2 dan 4.

Faktor sejati dari 220 = 1, 2, 4, 5, 10, 11, 20, 22, 44, 55, 110
Faktor sejati dari 284 = 1, 2, 4, 71, 142
Jika faktor sejati dari kedua bilangan kita jumlahkan maka akan kita dapatkan :
Faktor sejati 220 : 1 + 2 + 4 + 5 + 10 + 11 + 20 + 22 + 44 + 55 + 110 = 284
Faktor sejati dari 284 : 1 + 2 + 4 + 71 + 142 = 220
Dari perhitungan di atas dapat kita lihat jumlah dari faktor sejati bilangan 220 adalah 284, sebaliknya faktor sejati bilangan 284 adalah 220.
Benar - benar bersahabat bukan !

Kamis, 20 November 2008

Pembahasan Integral 2

Pembahasan tentang materi integral yang saya bagi menjadi dua sesi ( yang pertama mengenai teknik pengintegralan ) memang belum sepenuhnya rampung atau diselesaikan. Tetapi daripada harus menunggu lebih lama lagi, karena memang ngga sempat / " ngga disempatkan ngerjainnya " akhirnya dengan terpaksa pembahasan yang baru setengah jadi ini saya upload juga. Tetapi meskipun pembahasannya baru sebagian mudah - mudahan bisa membantu.
Pembahasan untuk sesi yang kedua ini berkenaan dengan materi luas daerah dan volume benda putar, untuk anda yang butuh pembahasan soal tersebut anda bisa download disini.

Sabtu, 15 November 2008

Soal Ujian Nasional 2007

Sebenarnya kumpulan soal - soal Ujian Nasional yang saya ketik telah saya klasifikasikan berdasarkan bab, sehingga diharapkan setiap siswa yang mempelajari soal - soal tersebut bisa melihat variasi soal yang keluar setiap tahunnya.

Selain itu diharapkan juga siswa dapat dengan jeli melihat kelemahan dari setiap soal, sehingga setiap soal bisa dikerjakan dengan waktu yang relatif singkat. Nah kalau setiap bab sudah dikuasai dengan baik, ada baiknya siswa menguji kemampuannya secara keseluruhan. Tes ini bisa dilakukan baik melalui tes online maupun offline. Kalau untuk yang on line anda bisa coba di Invir atau di smansarbg, Nah kalau untuk yang offline anda bisa mencobanya dengan mengerjakan soal Ujian Nasional tahun 2007 yang saya ketik( selamat mencoba ).

Buku Tamu

Selamat Datang di blog Matematika SMA.
Sedianya blog ini akan terus dikembangkan agar dapat turut berperan serta dalam pembelajaran matematika di dunia maya. Saran dan kritik Anda semua terhadap blog ini sangat kami nantikan, agar kedepannya blog ini bisa semakin lebih baik.
Terima kasih.

Untuk anda yang ingin menghubungi saya dapat melihat kontak saya ( klik disini )

Ttd

Matematika SMA

Selasa, 04 November 2008

Pembahasan Integral

Sebenarnya keinginan untuk upload tentang pembahasan integral sudah bisa dilakukan beberapa hari yang lalu, tetapi karena terbentur oleh banyak aktivitas yang terkadang membuat saya tidak sempat untuk ngeblog maka baru hari ini saya bisa upload pembahasan tentang intagral.
Itupun setelah lama dikerjakan belum sepenuhnya rampung, ini disebabkan jumlah soalnya yang relatif banyak dan penggunaan equation yang membuat lama proses pengetikan. So untuk sementara ini baru ada beberapa soal ( teknik pengintegralan ) yang bisa dipelajari mengenai pembahasannya, sedangkan bagian yang lain ( luas daerah dan volume ) insya ALLAH menyusul.
Untuk link pembahasan integralnya bisa anda klik disini
BTW, buat anda yang mau downoad pembahasan soal Ujian Nasional selain yang ada di blog ini anda juga bisa mengunjungi blog yang satu ini aidiapro.

Pengikut