Jumat, 17 Oktober 2008

JANGAN MENYERAH

Salah satu materi yang sekarang ini sedang dipelajari oleh kelas 12 baik IPA maupun IPS adalah Program Linier. Program Linier adalah suatu teknik optimalisasi dimana variabel - variabelnya linier. Metode ini dipakai pada saat kita dihadapkan pada beberapa pilihan dengan batasan-batasan tertentu, sedangkan di lain pihak kita menghendaki keputusan yang optimum (maksimum/minimum).
Ketika mempelajari program linier hal yang pertama kali dilakukan adalah memahami keterbatasan, bukan tujuan yang ingin dicapai. Nah setelah semua keterbatasan itu telah diketahui baru dilihat pilihan - pilihan yang memungkinkan dapat terjadinya keputusan yang bisa diambil sehingga kita bisa memperoleh nilai yang optimum.
Setiap kita tentu berharap bahwa yang kita dapatkan dalam hidup selalu yang terbaik, akan tetapi di balik itu semua kita terkadang di batasi oleh sesuatu. Kalau anda berpikir bahwa anda tidak pandai matematika karena merasa anda kurang beruntung, atau anda merasa tidak memiliki kemampuan untuk itu karena otak anda " dibatasi " sesuatu maka anda keliru.
Setiap kita memiliki keterbatasan, yup itu benar. Tetapi diantara batasan - batasan sebenarnya ada banyak pilihan, pilihan - pilihan itu bisa menghantarkan kita kepada tujuan yang akan di capai.
Diantara pilihan tersebut ada pilihan yang bisa membuat kita mendapatkan nilai yang maksimum atau nilai minimum atau nilai yang terletak antara maksimum dan minimum. Nah tugas anda adalah menentukan kearah mana tujuan anda ingin diarahkan. Jika anda memilih untuk diam maka anda sebenarnya sedang mengarahkan tujuan anda ke titik minimum ( kegagalan), dan kalau anda hanya bereaksi seperlunya maka anda hanya akan mendapatkan hasil yang berada di antara maksimum dan minimum ( rata - rata kebanyakan orang ).
Tetapi kalau anda ingin hasil yang maksimum maka anda harus menemukan titik dimana dengan semua keterbatasan yang anda miliki anda tetap bisa mengoptimalkan potensi anda. Menentukan titik optimum itu tidak bisa hanya dengan diam, anda harus bergerak sebab titik itu hanya bisa ditemukan jika anda berbuat sesuatu ( dalam program linier proses bergerak ini sama dengan penggunaan garis selidik )
Menemukan KEKELIRUAN di tengah jalan itu biasa, menemukan KEGAGALAN coba lagi, menemukan kenyataan bahwa anda SALAH " JANGAN MENYERAH " ( Andrew Wiles bahkan pernah SALAH sebelum akhirnya dapat membuktikan Theorema Terakhir Fermat ).

Tidak ada komentar:

Pengikut