Senin, 17 Agustus 2009

Materi Integral

Mengajarkan integral kepada siswa memang agak sedikit sulit, apalagi kalau dasar - dasar dari turunannya tidak kuat. Yup, turunan menjadi sangat penting untuk memahami materi integral karena sebenarnya integral adalah kebalikan dari proses turunan. Ketika materi baru sampai pada dasar - dasar integral mungkin siswa tidak terlalu kesulitan, tetapi ketika materi sudah mulai merambah ke integral trigonometri apalagi ditambah dengan materi teknik pengintegralan maka banyak siswa yang mulai merasa kelulitan berhadapan dengan materi ini.

Kalau kita mencoba menyusuri jagat maya untuk mencari literatur tentang hal ini memang masih sedikit blog berbahasa indonesia yang mencoba berkutak diseputar materi, so akhirnya pilihan jatuh ke bahasa inggris. Dan pas lagi cari - cari artikel seputar bahasa inggris saya terdampar di situs ini http://integrals.wolfram.com/index.jsp. Yup situs ini bisa membantu anda dalam memahami materi integral. Kita tinggal memasukkan persamaan fungsi yang diintegralkan dan dalam hitung detik situs ini mampu memberikan jawabannya.
Memang jawaban yang disajikan sudah dalam bentuk yang disederhanakan, jadi misalnya anda mengerjakan beberapa soal yang bisa dikerjakan dengan menggunakan teknik pengintegralan parsial akan terlihat perbedaan jawaban sebab mungkin jawaban anda belum di rubah dalam bentuk sederhananya. Tetapi situs ini bisa untuk membantu kita dalam berlatih dalam mengerjakan soal sebab setiap kali kita mengerjakan soal kita bisa langsung tahu jawabannya benar atau salah dengan mengeceknya lewat situs ini.
Btw, buat kalian semua yang masih kesulitan juga dengan materi integral ini sekalipun sudah ada bantuan dari situs di atas mungkin penjelasan materi dalam file berikut ( klik link berikut )bisa membantu anda ( file dalam Bahasa Indonesia disertai dengan beberapa contoh soal ).

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks untuk bloggernya...
Sangat membantu

Anonim mengatakan...

thanks yah yg pux blog...
Good luck untuk postingan selanjutnya.. :)

Catatan Daris mengatakan...

terimakasih,,sangat membantu

rihsan mengatakan...

makasih banyak mas saya sangat membutuhkan ini blog yang sangat bermanfaat

iwansetiono mengatakan...

terima kasih ya atas info alamat penyelesaian integralnya sangat bermanfaat sekali

Unknown mengatakan...

thanks you brother postingan ny

Unknown mengatakan...

Thanks you

Pengikut

Powered By Blogger