Kamis, 08 Januari 2009

Kisi - kisi UN IPA 2009

Kalau Anda sudah memiliki POS dan Permen Ujian Nasional 2009 tentu melihat ada lampiran tambahan pada Permen yang dibuat pada tahun ini. Kalau pada tahun sebelumnya pemerintah hanya menentukan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dari setiap mata pelajaran, maka tahun ini ditambah lagi dengan "kemampuan yang diuji". Boleh dibilang sebenarnya bagian "kemampuan yang diuji" adalah indikator dari materi yang akan diujikan.
Jadi pada ujian nasional 2009 ini selain ada kelonggaran pada batas kelulusan, juga secara spesifik ternyata pemerintah telah "memberitahu/membocorkan" soal apa yang akan keluar di ujian nasional nanti. Ini mungkin dilakukan sebagai antisipasi pemerintah agar tingkat kelulusan pada ujian nasional nanti bisa lebih baik atau bahkan mengalami peningkatan.
Dari kemampuan yang diuji pada mata pelajaran matematika untuk ujian nasional nanti, ternyata pada beberapa materi banyak mengalami pergeseran pada jumlah soal ( sebenarnya ini dimulai pada Ujian Nasional 2008 ), tentu saja ini adalah imbas dari meningkatnya soal ujian nasional pada tahun 2008 yang menjadi 40 soal.
Jadi buat anda yang merasa perlu dengan prediksi saya tentang jumlah soal yang bakal keluar di ujian nasional nanti anda bisa download file excelnya disini atau untuk file wordnya disini.
Cat : Prediksi jumlah soal yang saya buat didasarkan pada keterpolaan setiap materi yang keluar pada ujian nasional setiap tahunnya.

4 komentar:

fengshuisehatbugar mengatakan...

oke thank contoh soalnya ya.
bagi pelajar yang mau di ramal, silahkan mampir di
http://fengshuisehatbugar.wordpress.com/category/ramalan/

fengshuisehatbugar mengatakan...

oke thank contoh soalnya ya.
bagi pelajar yang mau di ramal, silahkan mampir di
http://www.fengshuisehatbugar.wordpress.com/category/ramalan/

soal ujian mengatakan...

Meski Ujian nasional 2009 agak berat, tapi temen2 harus optimis dan giat belajar. Salam Sukses.

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas informasi menarik

Pengikut