Sabtu, 20 Desember 2008

Google Insights


Mungkin anda sudah tahu bahwa salah satu layanan mbah google yang bernama Google Insights for search, ya sebuah layanan dimana mbah google memberikan data tentang "kata kunci" apa yang sering digunakan oleh para pengguna internet ketika browsing menggunakan google. Gambar di atas adalah hasil yang didapat ketika saya menggunakan kata matematika sebagai search term nya ( Untuk wilayah Indonesia dan selama tahun 2008 ).
Yang menarik dari data di atas adalah data tentang rising search nya( pencarian dengan kata kunci yang menunjukkan peningkatan yang signifikan, benar ngga tuh )
1. ptk matematika
2. rpp matematika smp
3. rpp matematika
4. rpp
5. rpp matematika sma

Dari no 1 s.d. 5 saya yakin yang mengetikkan kata tersebut pada mbah google adalah para guru matematika, ayo ketahuan ya, rpp nya maunya cuma kopi paste terus tinggal diedit nama sekolahnya (he 3x). Harusnya pemberlakuan KTSP itu menuntut rpp yang berbeda antara sekolah yang satu dengan lainnya, karena tiap sekolah memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain.
6. buku matematika
7. soal un matematika
8. soal matematika smk
9. matematika sd
10. soal matematika sd
Yang menarik dari hasil no 6 s.d. 10 justru tidak adanya peningkatan yang cukup berarti pada kebutuhan akan matematika pada tingkat SMP , kemana ya siswa SMP ( apakah lebih sibuk dengan game online nya ? ) .

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah baru tahu aq tentang google insight, bagus, infonya sangat bermanfaat. Jadi ketagihan balik ke sini lagi deh kayaknya.. Salam kenal.

jemiro mengatakan...

saya baru tahu ada fasilitas ini, google memang hebat :)
btw nice info, saya baru ngeh hal ini bisa dijadikan survei! :)
thx atas share infonya

Pengikut

Powered By Blogger