Rabu, 09 Juli 2008

Persamaan Sederhana

Hasil dari sebuah bilangan yang dikuadratkan biasanya punya nilai yang lebih besar dari bilngan itu sendiri ( misalnya 10² = 100 ) atau nilainya lebih kecil dari bilangan itu sendiri ( misalnya ( ½ )² = ¼ ), tetapi dapatkah anda menebak sebuah bilangan yang nilainya sama dengan kuadrat bilangan itu sendiri ? Permasalahan ini bisa kita misalkan dalam sebuah persamaan, misalkan bilangan tersebut adalah x maka persamaannya menjadi x² = x. Nah dari persamaan tersebut anda pasti dapat menentukan nilai bilangan yang dimaksud.
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah dengan membagi kedua ruas dengan x, sehingga diperoleh x = 1. Jawaban ini benar tetapi cara seperti ini mengakibatkan ada jawaban yang tidak terungkap, seharusnya langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :
x² = x
x² - x = 0
x ( x - 1 ) = 0
x = 0 atau x - 1 = 0
x = 0 atau x = 1
Terlihat bahwa permasalahan di atas ternyata mempunyai 2 nilai penyelesaian bukan satu penyelesaian. Dari sini terlihat bahwa penyelesaian dengan cara membagi dengan x ternyata kurang tepat, sebab menghilangkan salah satu jawaban.

Tidak ada komentar:

Pengikut