Senin, 28 Januari 2008

Ujian Nasional sudah dekat

Kurang dari 3 bulan lagi Ujian Nasional akan segera digelar. Perhelatan nasional tersebut tahun ini akan menambah 3 pelajaran pada masing-masing jurusan baik IPA maupun IPS. Dari semua mata pelajaran yang ada mungkin " MATEMATIKA " akan dianggap sebagai penghalang terbesar bagi semua siswa.

Tetapi itu bukan berarti bahwa kita tidak bisa menaklukkan pelajaran ini di Ujian Nasional nanti. Ada banyak strategi yang bisa kita susun agar kita bisa mendapatkan hasil yang memuaskan pada mata pelajaran ini nanti ( tentu saja strategi yang dimaksud adalah strategi yang legal )

Salah satu strategi yang saya coba gunakan adalah menggunakan pendekatan " Tutor sebaya " terutama untuk siswa yang kemampuan matematikanya rendah. Berikut adalah langah-langkah dari strategi tersebut :

Langkah 1 :
Saya bersama beberapa siswa yang dianggap " mumpuni " dalam kemampuan matematikanya akan berkumpul 1 minggu sekali ( saya menggunakan hari sabtu ) untuk membahas soal - soal Ujian Nasional.

Langkah 2 :
Siswa yang telah saya latih tersebut nantinya akan dibagi dalam beberapa kelompok ( saya membaginya dalam 2 kelompok, semakin banyak kelompok semakin baik sebab jumlah siswa yang belajar dalam kelompok akan lebih sedikit ), kemudian mereka akan mengumpulkan siswa yang lain untuk bergabung dalam kelompok yang ada.

Langkah 3 :
Teknis pelaksanaannya adalah menggunakan pre test dan pos test. 5-10 menit pertama siswa akan mengerjakan soal yang diberikan, setelah itu soal akan dibahas bersama dengan "Tutor sebaya". Untuk mengetahui tingkat pemahaman materi yang sudah diajarkan oleh rekannya diakhir sesi akan diberikan post test.

Strategi ini sebaiknya :
1. Dilaksanakan di luar jam penambahan pelajaran yang ada
2. Dilaksanakan denganwaktu ± 30 menit dengan intensitas yang sering ( 2 atau 3 kali seminggu )

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk Blogspot dengan installasi mudah. Salam!

http://www.lintasberita.com/Lokal/Ujian_Nasional_sudah_dekat/

Pengikut

Powered By Blogger