Selasa, 04 Desember 2007

Tips dan Trik Matematika

Sebenarnya saya kurang setuju dengan cara - cara yang digunakan oleh beberapa bimbingan belajar ( kayaknya hampir semua bimbel ) yang mengajar trik - trik tertentu ( kadang disebut sebagai rumus cepat ) untuk mengerjakan soal matematika.

1. Saya kadang suka mendapat pertanyaan dari siswa " apakah ada rumus cepatnya pak ? " jika sebuah soal terkesan agak sedikit menjelimet dalam proses pencarian jawabannya.

2. Sebenarnya " rumus cepat " tersebut kadang dipahami secara instant, padahal sebuah rumus cepat itu sebenarnya didapat dari kematangan konsep sebuah materi ( itu artinya untuk si pengajar mungkin rumus tersebut mudah untuk dicerna, akan tetapi siswa tidak melihat proses bagaimana rumus itu bisa ada).

3. " Rumus cepat " justru menjadi beban siswa, sebab dia harus menghapal rumus tersebut, padahal matematika kan sebenarnya mengajarkan siswa agar dapat berpikir secara logis ( bukan menghapal rumus, ini bukan pelajaran sejarah, guys )dalam menyelesaikan masalah ( artinya jangan sampai terjebak pada rumus cepat )
4. Ini baru tipsnya
Ibarat orang latihan silat kalau mau jadi master tidak mungkin kita hanya mempelajarai trik suatu jurus, seseorang baru bisa jadi master kalau dia rajin berlatih dan sering mengadu ilmu yang didapat dengan orang lain. Kalau di matematika anda baru bisa jadi master kalau sering berlatih mengerjakan soal dan menaklukkan soal yang bervariasi.

selamat bertanding !

26 komentar:

fashion tips mengatakan...

menurutku mba harus punya dua2 soalnya kadang saat tertentu kita harus punya jurus yang mematikan..yang pasti harus seimbang aku juga setuju keberhasilan ga didapat dengan instan

Anonim mengatakan...

Boleh aja berasumsi bahwa untuk jadi master ilmu beladiri ngga bisa dengan cara instan. Tapi begini, untuk mencapai kota Surabaya dari Jakarta, apakah kita hanya punya alternatif naik kereta api? tentu tidak bukan? Begitu pula rumus. Bukankah 'rumus' itu sendiri adalah merupakan 'jalan pintas'? Betapa hebatnya Einstein, bisa menemukan rumus e=mc2, coba bayangkan apabila anak murid SMP/SMA harus mengikuti seluruh proses untuk memperoleh rumus tersebut!
Ibarat kata, untuk ke Surabaya, apakah seseorang harus mencoba seluruh alat transportasi, lalu bisa menyimpulkan, mana yang tercepat, termurah, paling efisien dan efektif? Lalu mengapa salah bila seseorang menemukan rumus jalan pintas (bila hasilnya sama/benar)?

Anonim mengatakan...

mnrt saya,rumus tercepat i2 penting.Coz biasax saya gk begitu c pat mengerjakan mtk.Tp kdg saya menggunakan rumus tercepat saya sndiri.Supaya bs cpt ngerjainx.

Matematika SMA mengatakan...

@ ALL
Sebenarnya kalau rumus yang digunakan bisa digunakan untuk semua keadaan tidak jadi masalah, tetapi kebanyakan rumus cepat yang ditawarkan oleh banyak bimbel adalah "rumus cepat kondisional" artinya rumus itu hanya berlaku untuk keadaan tertentu. Nah kalau rumus ini yang kemudian dihapal, kayaknya matematika bakalan menjadi "pelajaran hapalan" seperti halnya sejarah.

Anonim mengatakan...

klo blh berpendapat, sebenarnya ga' da rumus cepat. asal kita paham dgn materi dalam soal tersebut kita akn bisa cepat mengerjakannya. rumus cepat itu muncul dari pemahaman kita sendiri ato bocoran dari pemahaman orang lain.
SEMANGAT...!!!

Anonim mengatakan...

kalo saya tidak memihak siapapun... saya rasa tiap org punya cara dan usaha sendiri untuk meyelesaikan masalah dan itu pun belaku dalam mengerjakan soal matematika. apa yg menurut dia yg terbaik itulah yg terbaik.

Anonim mengatakan...

Numpang koment : saya guru matematika sma, yang sudah2 sich saya menjelaskan konsep nya dulu dengan beberapa masalah yang diselesaikan menurut kosep, lalu setelah itu baru kita beritahukan siswa bahwa ada jalan lain yang lebih ringkas dengan rumus cepat tadi. Jadi siswa tau konsepnya dan tau jalan pintasnya juga begithu.

rizki-abu tsabit mengatakan...

salam kenal...saya pikir, matematika gak terlalu butuh tips dan triks, matematika butuh untuk disenangi,jika hal ini dilakukan,saya pikir siswa2 kita akan mudah mengerjakan soal2 matematika..nah kebanyakanny,guru matematikanya saja sudah tidak disenangi oleh siswa,,apalagi pelajarannya..jadi sekarang bagaimana guru bisa menjadi orang menyenangkan dalam belajar matematika...i love math..rizki aminullah S.Si-Guru SMA IT miftahul Khoir bandung-

ivan kolepz mengatakan...

Tips dan Triks relatif diperlukan sebagai bagian variasi dalam belajar, ingat tidak semua orang bisa mengerti atau memahami matematika... mengajar pun perlu cara yang menyenangkan dan membangkitkan motivasi,karena setiap individu itu unix... merubah paradigma dalam belajar matematika itu tidak mudah lho.. saya salut bagi mereka yang bisa mengembangkan tips dan trik tetapi perlu di ingat semua juga ada konsepnya.. maju terus brooo !

Anonim mengatakan...

yupz.., pemahaman sebenernya memang sangat penting. kosnsep yang dipelajari dengan baik akan membuat siswa tidak mudah lupa dengan apa yang telah mereka pelajari. namun rusmus cepat juga penting, utamanya digunakan dalam ujian2 di sekolah atau saat tes2. nah, jadi menurutku pemahaman konsep mutlak diperlukan namun rumus2 cepat juga perlu dipelajari untuk meningkatkan daya saing, lagi pula sebenarnya rumus cepat itu juga lebih mudah dihafal atau dipahami jika kita punya konsep yang mateng jiga. nah..., saling berkaitan kan...!
yang terpenting ttep latian soal...
SEMANGAT.. SEMANGAT...

Anonim mengatakan...

Numpang Komen: kalo menurut saya sih rumus cepat bisa dibuat oleh masing2 dan untuk kebutuhan masing2 yang penting kita paham dulu konsepnya dan berlatih terus2, dengan berbagai latihan soal dengan sendirinya kita dapat menyimpulkan dan membuat rumus cepat itu..

izazi mengatakan...

apakah ada lembaga les yang mengajarkan siswanya tntang proses matematik, bukan hanya menyodorkan materi-materi dan hukum-hukum yang hanya dapat dimengerti dengan catatan harus hafal hukum-hukum tersebut.
Co.
mengapa turunan sinx=cosx

memang, siswa dapat menghafalnya, tapi saya lebih setuju kalau siswa diberikan prosesnya,agar mereka yg tidak hafal hukum-hukum seperti itu dapat menerapkan prosesnya, dan pasti akan lebih mengerti.
Terima kasih.

Mr. 13120 mengatakan...

bila kata saya, anda pakai satu cara saja yaitu cara basic... cara cepat, dibuat oleh murid saja memakai logika. agar murid tak terlalu terpikat terhadap rumus. dan murid pun secara tak sengaja juga harus menguasai aljabar agar dapat lebih cepat mempahami pelajaran

Roy daniel sitorus mengatakan...

seperti halnya MA-TE-MA-TI-KA..makin tekun makin tak karuan...nah.,.MM itu adalah pelajaran yang paling aku gandrungi..aku punya kepuasan tersendiri kalau belajar MM terlebih menjawab soal-soalnya...MM aku rasa ngak sulit sama sekali asal kita teliti,bijak dan pintar berpikir logika...hehheheh

Anonim mengatakan...

setuju bgt....
math bukan untuk yang instan2...
math butuh kematangan konsep n sense...
tips n trik ( alias rumus cepat ) hanya akan mengaburkan konsep yang ada....
klo pake rumus cpet ibaratnya kita ngomong tapi g tau apa yang kita omongkan ( alias omong kosong ) Kecuali jika seseorang udah paham mengenai suatu konsep..

smandu bakar mengatakan...

kalau trik cepat untuk beberapa materi boleh diberikan seorang guru hanya waktu dekat-dekat ujian nasional , karena proses untuk menemukan jawaban sudah dipahami sebelumnya. ( mr. fu fokogumastada - batusangkar )

Anonim mengatakan...

yup...menurut saya, rumus dasar itu perlu di ajarkan...na kalo emang udah paham dengan rumus dasar maka akan dengan mudah rumus cepat itu di pahami. boleh di kasih rumus instannya tapi dalam penerapan keseharianya sebenarnya rumus instant itu kurang bagus, karena tidak endidik siswa untuk berfikir logis. rurmus instant hanya bermanfaat untuk menyelesaikan soal pada waktu ujian di sekolah. implementasi nya pasti menggunakan rumus yang sesungguhnya....hehehehe...maaf kalo gak bener..

Anonim mengatakan...

Suatu metode, sah-sah saja digunakan oleh setiap org, baik itu untuk matematika maupun pekerjaan lain, jaman skrg harus bisa cepat dan tepat. Menurut saya, teori cepat harus diketahui oleh pihak manapun untuk keperluan tertentu (asal jgn maling). Tinggal tergantung, metode yg mana bs diterapkan dan diserap oleh penerima jalan cepat tsb. ntah itu rumus dasar atau rumus pengembangan. semuanya tergantung kebutuhan dan daya tangkap. Jd jgn menyalahkan suatu pihak menggunakan metode apa saja utk setiap pekerjaan.

Anonim mengatakan...

jdi yang baik untuk d terapkan ke kita2 yg massi blajar ini. haruss yg mna nihh? bingung mau nerapin konsep yg mna.

Anonim mengatakan...

saya juga sebenarnya tidak memihak siapapun hanya saja menurut pendapat saya, rumus cepat memang hanya akan menambah beban hapalan bagi siswa. pada jaman sekarang ini memang banyak siswa suka yang "instan" padahal rumus cepat bahkan bisa kita temukan sendiri bila kita sudah benar2 menguasai konsep2 dasar matematika.saya sih sebagai seorg siswa juga ingin memberi saran, kita boleh menggunakan rumus2 cepat tetapi dgn catatan kita tau dari mana rumus2 itu bersala atau kita harus tau pembuktian rumus atau penurunannya. soalnya saya juga sering pas lagi ulangan lupa rumus cepat kemudian balik lagi aja ke konsep dan saat itu juga saya dapatkan rumus cepat yg sebelumnya saya "lupa".biasanya yang lebih paham konsep pola pikirnya lebih luas sehingga cara pengerjaan soalnya pun tidak terpaku ke satu rumus aja :)

Anonim mengatakan...

@All
Semua komentar bagus2.
Biar lambat ASAL Selamat=bagus.
Biar cepat ASAL Selamat=bagus.
Mau pilih yang mana, ASAL.... Selamat.

Joko Purnomo mengatakan...

trik matematika terbaru
http://keongterbang.wordpress.com/2011/07/13/trik-matematika-part-1/

Anonim mengatakan...

metode cepat sebenarnya memiiki keterbatasan dan tidak berlaku universal hanya metode dasar yang mampu menyelesaikan soal secara universal. Metode cepat hanya ebagai pemikat konsumen. kalau jaman dulu pedagang jamu agar jamunya laris selalu memberikan hiburan trik sulap agar orang mau datang.

yodhaanoraga mengatakan...

dear admin, saya sangat menghargai pendapat admin yang mengatakan bahwa rumus cepat itu membebani siswa dan tidak mengajarkan cara-cara logis dalam matematika. Namun betapa bijaknya jika admin sendiri lebih mendalami masalah utamanya, yaitu mengapa bisa bimbel-bimbel memberikan rumus cepat kepada peserta didiknya?? yaitu karena di ujian nasional, sampai test masuk perguruan tinggi memang membutuhkan rumus cepat! bila tidak memakai rumus cepat para siswa pasti tidak bisa menyelesaikan soal-soal dalam waktu 2 jam saja! butuh setidaknya seminggu untuk mengkalkulasi hasil untuk satu soal saja! so, kalo admin tdk stju jangan omdo, silakan protes dulu dengan orang-orang depdiknas dan kalangan perguruan tinggi yang membuat soal-soal yang terlampau berat untuk anak sekolahan...
trims

Anonim mengatakan...

Saya murid SMA. Menurut saya, matematika itu bukan sesuatu yang singkat, cepat, njlimet atau apapun, dari sudut pandang orang, MATa pElajaran MemATIKAn itu beda-beda. Soal rumus cepat, sebenarnya itu adalah smpulan dari titik paham seseorang ttg rumus dasar yg telah ia kuasai sbelumnya. So, tujuan bimbel memberikan rumus cepat, bukan untuk memerintah psrta didik nya supaya menghafal ) tergantung pd rumus cpt tsb. Tetapi adalah untuk lebih memahamkan rumus dasar sehungga diperolehnya rumus cpt tsb. Dgn begitu, psrta didik tdk hanya menguasai rumus dasar, tp juga mampu menyimpulkan inti (rumus cpt) dr rumus dasar itu sendiri. Sepengalaman sy mengikuti beberapa bimbel, tentor manapun gapernah ngasih rumus cpt tnpa menerangkan bgmana cr mndapatkan rms cpt tsb. Sy bcr spt ini, bkn krna sy sok atau apa, sy akui, nilai mat sy sllu merah. Mk dr itu sy bisa menyimpulkan demikian mnurut yg sdh sy pahami selama ini. Thx.

Ahmad Faisal mengatakan...

Gimana kalo kita nggak paham dengan satu soal sementara gak ada orang yg bs ditanyain ?

Pengikut